Aktif belum tentu produktif, produktif sudah pasti aktif.
Bagus ya quotenya.
Saya setuju bgt dgn ini. Dulu saya alami yg namanya kerja kerja dan
kerja tapi kok hasilnya sedikit ya. Kok sepertinya ga produktif ya.
Ternyata yang saya lakukan cuma aktif, tapi ga produktif. Saya
melakukan banyak hal dalam sehari tapi tetap saja terlihat tdk
menghasilkan.
Banyak orang sibuk, tetapi tahukah Anda, ga jamin orang sibuk itu produktif.
Mungkin sibuk chatting, sibuk whatsappan atau sibuk melakukan hal-hal yg kurang berguna.
Nahh gimana biar aktivitas yg Anda lakukan ga sekedar sibuk, tetapi
aktif dan produktif. Berikut ini bberapa hal yg ingin saya sharingkan.
Ini beberapa pengalaman yg saya lakukan:
1. BANGUN LEBIH PAGI
Ini simpel banget, tapi seringkali susah, iya kannn hehe. Beneran lho,
bangun lebih pagi membuat kita bs lebih produktif. Setelah kita
beribadah pagi, misal ada yg sholat subuh, atau ada yg doa pagi.
Abis itu gunakan waktunya utk mempersiapkan apa yang akan dikerjakan
hari ini. Tulis ide2 yang terlintas. Biasanya ide banyak keluar saat
pikiran fresh.
2. APA TARGETMU HARI INI
Mau bagaimanapun,
kalo kita menjalani hari tanpa target, ga akan ada geregetnya. Anda
harus punya target yg jelas. Misal target jualan berapa, target ketemu
klien brp, target nulis postingan berapa. Harus jelas, bahkan kalo bisa
di tulis di papan gede, biar kebaca terus.
3. BUAT LIST KERJA
Setelah buat target selanjutnya buat list kerja. Ini salah satu hal yg
rutin saya lakukan. Saya banyak banget yg harus dilakukan dalam sehari.,
biasanya supaya saya ga pusing, maka saya harus tulis, harus di list,
harus di breakdown.
Kalo sudah ditulis, kita jadi tahu apa yang harus dikerjakan, ga ngawang2, ketahuan mana yang prioritas mana yang enggak.
4. PER 30 MENIT ISTIRAHAT 5 MENIT
Istirahat itu ga masalah kok. Cuma harus diatur biar ga seharian istirahat muluu. Istilah saya leyeh-leyeh seharian wkwkwk.
Begini, terkadang otak kita perlu istirahat. Ini cara saya ya, teman2
bs lakukan bs tdk. Setiap saya 30 menit kerja nonstop, saya 5 menit
istirahat. Bisa ke toilet, bisa lihat fesbuk, bisa cek berita online
dkk.
Tujuannya tetap produktif tapi tetep asik, ga terkungkung.
Tapi inget jangen kebalik, 5 menit kerja, 30 menitnya malah istirahat
hahaha.
5. LAKUKAN CEK LIST
Yang kelima, dari list-list yg sudah dibuat, coba lakukan pengecekan. Buat cek list, mana yg sudah mana yang belum.
Jadi kelihatan jelas mana yg harus diselesaikan lagi. Dengan cek list
ini bakal asik bgt lho. Paling asik adalah ketika sudah coret2 mana list
yg sudah selesai. Rasanya seperti sudah menyelesaikan misi :) kebayang kan?
Nahh diatas adalah bbrp hal yg saya lakukan dan Anda pun bs melakukannya
Kenapa saya ingin sharing ttg ini.
begini, saya sering ketemu dengan orang yg selalu bilang:
Saya sibuk
Saya lagi padet bgt
Saya ga punya waktu
Saya lagi bla bla bla...
kebayang kan, saya yakin banyak dari Anda yg punya teman2 seperti ini.
Ada bbrp poin yg mau saya tekankan
Kita yg harus manage waktu.
Kita yg harus manage prioritas
Sebenarnya sibuk itu relatif kok.
Jika kita bs mengatur ritme kerja dan prioritas yg akan dikerjakan, sebenarnya ga akan sibuk2 bgt.
Simpel, kalo Anda masih bisa lihat sharing ini, berarti Anda sebenarnya masih belum terlalu sibuk.
Kan masih bisa fesbukan hehehe.
Yukkk teman-teman, mari kita menggunakan waktu dengan PRODUKTIF.
Lakukan beberapa hal diatas dengan KONSISTEN.
hasilnya bakal mencengangkan!
By Hermas Puspito